Norit Obat Sakit Perut

Sebagian besar dari temen temen pasti udah pada tau kan apa itu Norit? Norit itu adalah salah satu nama atau lebih tepatnya merk obat sakit perut. Itu lho yang warnanya item-item... Norit itu sebenarnya terbuat dari bahan karbon aktif seperti yang bahan bakunya bisa dari kulit pohon, kulit kacang, batu bara, dan lain-lain. Kemudian bahan karbon ini diaktifkan dengan proses kimia, yaitu dengan mencampurkannya dengan senyawa asam, mengukusnya dengan uap, atau dengan gas bertemperatur tinggi sehingga menajadi arang berwana hitam tetapi tidak berbau dan berasa.

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi


Jika dilihat dengan mikroskop, terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Pori-pori ini mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Pori-pori yang berukuran lebih dari 50 nm disebut macropores, 2 nm – 50 nm mesopores, dan di bawah 2 nm micropores. Jika kita hitung, maka 1 gram karbon aktif mempunyai luas permukaan pori-pori 0,5 sampai 1,5 kilometer persegi. waw it's amazing..

nah, bagaimana ya norit dapat menyembuhkan sakit perut? ternyata pori-pori kecil tersebut dapat mengikat zat beracun dengan gaya Van Der Walls, hayooo masih inget ngga gaya van der waalls? hehehe.. lanjut lah. selain untuk sakit perut, norit juga bisa untuk mengobati orang over dosis obat, keracunan, atau menelan bahan kimia berbahaya. Kerja norit hanya bisa terjadi di lambung dan di usus, ketika bahan beracun tersebut belum masuk ke dalam peredaran darah. di dalam usus nanti norit akan membentuk sistem koloid yang akan mengadsorpsi bakteri yang menyebabkan keracunan atau sakit perut..
»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Sakit Perut Saat Datang Bulan/Menstruasi

beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi sakit pada saat menstruasi ini aku kutip dari internet :

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi



Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut.
Pijat daerah perut/abdomen secara perlahan-lahan
Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal
Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.
Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit pada saat menstruasi mempunyei efek analgetik (meredakan rasa sakit), melancarkan sirkulasi darah, dan mencairkan bekuan darah.
Berikut contoh beberapa tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid .

DAUN DEWA (Gynura segetum [Lour.] Merr.)
Bagian yang digunakan : seluruh tumbuhan/herba
Efek : melancarkan sirkulasi darah, mencairkan bekuan darah, anti-coagulant

MAWAR (Rosa chinensis Jack.)
Bagian yang digunakan : Bunga
Efek : melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, antiradang, menghilangkan bengkak.

SIANTAN/SOKA (Ixora stricta Roxb.)
Bagian yang digunakan :bunga
Efek : meredakan rasa sakit (analgetik), mengecilkan bekuan darah, melancarkan sirkulasi.

DAUN HIA/BARU CINA (Artemisia vulgaris L.)
Bagian yang digunakan : seluruh tumbuhan /herba
Efek : menghilangkan sakit (analgetik), melancarkan peredaran darah, mengatur menstruasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan rasa dingin.

GINJEAN (Leonurus sibiricus L.)
Bagian yang digunakan : seluruh tumbuhan (herba)
Efek : melancarkan sirkulasi darah, menormalkan siklus haid, peluruh haid (emenagog), menghilangkan pembengkakan dan menciutkan rahim.

TEKI (Cyperus rotundus L.)
Bagian yang digunakan : umbi
Efek : menormalkan siklus haid, menghilangkan sakit (analgetik), melancarkan vital energi. Merupakan obat penting untuk penyakit-penyakit pada wanita (gynecological diseases)

TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)
Bagian yang digunakan : rimpang
Efek : sebagai peluruh haid (emenagog), tonikum, antiradang, hepatoprotektor, dan lain-lain.
Berikut contoh resep tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri menstruasi (dismenore) :

Resep 1.
30 gram temu lawak + 30 gram temu hitam + 20 gram jahe + 20 gram asam jawa + gula aren secukupnya, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 2.
3 kuntum bunga mawar merah + 2 kuntum bunga siantan/soka + 15 gram bunga bugenfil, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 3.
15-30 gram daun dewa segar + 20 gram kunyit, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep 4.
30 gram daun hia/baru cina segar atau 15 gram yang kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 5.
20 gram ginjean kering + 10 gram umbi rumput teki kering, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Catatan :
Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca.

Sumber: CBN
Posted in HEMBING. Tags: Dismenore, Nyeri Haid.
»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Waspadai Efek Samping Obat dan Solusi Sakit Maag

Tanya:

Suami saya mengalami masalah di lambung (buang air dan feses cair) selama kurng lbih 2 bulan. Oleh dokter diberi tripanzym (mengandung pancreatin 170 mg dan activated dimethylpolysiloxan) dan Rantin 150 (mengandung ranitidine HCL). Namun setelah tiga hari pemakaian, ginjal suami saya terasa nyeri dan sakit di seluruh pinggang. Apakah ini efek samping dari salah satu obat tersebut? Apakah harus dihentikan pemakaiannya?

Terima kasih.
Salmah

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

Jawab:

Dear Ibu Salmah,

TRIPANZYM mengandung pancreatin 170 mg dan dimetilpolisiloksan teraktifasi 80 mg (activated dimethylpolysiloxane 80 mg). Indikasinya: kembung pada penelanan udara, insufisiensi pankreas, gangguan hati, empedu, lambung dan usus, kembung setelah operasi, sindroma lambung-jantung. Tripanzym digunakan sebagai anti-kembung (antiflatulence) untuk persiapan menjalani radiografi (rontgen); tersedia dalam kemasan kaplet salut gula 10 x 10 biji. Dosisnya: 1-2 kaplet, untuk radiografi (rontgen) 4 x sehari 1 kaplet selama 2 hari.

  • Pancreatin

Pancreatin merupakan kombinasi enzim pankreas yang digunakan untuk meningkatkan (memperbaiki) proses pencernaan makanan yang berlemak. Secara umum, jangan mengkonsumsi pancreatin jika alergi pancreatin atau memiliki radang pankreas.
Pancreatin dikonsumsi dengan makanan. Bila lupa, segeralah minum. Jangan minum 2 dosis sekaligus. Konsumsilah pancreatin sesuai petunjuk dokter Anda. Bacalah petunjuk dan dosis pemakaian yang tertera di brosur obat.
Efek samping pancreatin antara lain: konstipasi (sulit buang air besar), diare (mencret), nyeri perut, buang air kecil lebih sering daripada biasanya, nyeri atau sulit berkemih, nyeri atau pembengkakan sendi.
Efek samping yang “kurang serius” meliputi: nyeri perut yang ringan, tinja berminyak (greasy stools), iritasi dubur, perut kembung (bloating or gas).
Pada dosis tinggi dapat terjadi: kram perut, mual. Dalam dosis yang sangat tinggi, dapat berakibat: perdarahan di urin (air seni mengandung darah), nyeri sendi, pembengkakan kaki. Bila dibuka, atau dalam bentuk serbuk, maka pancreatin bila terhirup akan berakibat: sesak nafas, hidung tersumbat (stuffy nose), rasa sesak di dada, bermasalah saat bernafas, dan mengi (wheezing). Dalam bentuk tablet, bila terkena mulut maka akan meng-iritasi mulut.
Segeralah menghubungi dokter terdekat bila saat mengonsumsi pancreatin, terjadi efek samping BERAT berikut ini: reaksi alergi yang berat/parah yang berupa: ruam kemerahan di kulit (rash), biduren (hives), gatal, sulit/sesak saat bernafas, rasa tercekik/terikat di dada, pembengkakan (di bibir, mulut, wajah, lidah, kerongkongan, atau tenggorokan).

  • Ranitidine

Hentikan penggunaan ranitidine bila terjadi efek samping berikut: reaksi alergi (biduren), sulit bernafas, pembengkakan (di wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan).
Segeralah ke dokter terdekat bila terjadi: nyeri dada, demam, nafas pendek, batuk berdahak hijau atau kuning, mudah memar atau berdarah, merasa lemah yang tidak seperti biasanya, detak jantung yang cepat atau lambat, problem penglihatan, sakit tenggorokan, pusing dengan kulit melepuh, terkelupas, dan ruam kulit kemerahan. Mual, nyeri perut, hilang selera makan, urin (air kemih) berwarna gelap, tinja berwarna seperti tanah liat/lempung (clay-colored stools), jaundice (kulit atau mata menguning).
Efek samping ranitidine yang “kurang serius” meliputi: sakit kepala (bisa berat), mengantuk (drowsiness), sensasi berputar (dizziness), gangguan tidur (insomnia), menurunnya gairah seks, impoten, atau sulit mengalami orgasme, payudara membengak atau melunak (pada pria), mual, muntah, nyeri perut, diare, atau konstipasi.
Efek samping ranitidine yang BERAT meliputi: serak/parau yang tidak biasanya, perubahan produksi urin (air seni), bingung (confusion), depresi, halusinasi, denyut jantung yang cepat, lambat, atau tidak teratur, sakit kepala yang berat atau menetap, demam, merasa dingin, atau sakit tenggorokan.

  • Ranitidine HCL

Efek samping yang terjadi biasanya adalah sakit kepala (headache), terkadang berat. Segeralah berkonsultasi ke dokter.
Setelah mencermati keluhan sumi Anda yaitu: ginjal terasa nyeri dan sakit di seluruh pinggang, maka menurut kami, kedua hal ini bukan efek samping dari obat yang diberikan dokter, sehingga obat tidak perlu dihentikan.
Solusi Sakit Maag
Sekadar informasi tambahan berikut ini beberapa rekomendasi rekan sejawat kami, Dr. Sukma Merati, untuk penderita maag (lambung):

  • Dianjurkan untuk makan secara teratur. Jangan langsung “mengisi” lambung dengan banyak makanan-minuman dalam waktu yang singkat.
  • Sering-sering makan namun dalam porsi kecil, boleh berupa camilan (makanan ringan), atau minum susu. Ini akan melatih lambung untuk menormalkan sekresi asam lambung.
  • Bila sewaktu-waktu merasa lapar, sebaiknya segera makan biskuit atau minum susu.
  • Semua jenis susu (termasuk susu kefir) sangat baik bagi penderita maag karena bersifat alkali (basa), sehingga dapat menetralkan asam lambung. Susu cair maupun susu bubuk, sama baiknya.
  • Bila menderita maag sangat dianjurkan untuk mengonsumsi: kacang kedelai, susu kedelai, jus apel, jus lidah buaya. Jus lidah buaya (aloe vera) dapat dikonsumsi kapan saja (sebelum atau sesudah makan).
  • Buah pisang, pepaya, dan pir aman untuk penderita maag.
  • Bengkoang juga berdampak bagus bagi lambung, asal dikunyah sampai halus.
  • Buah yang ada rasa asam-nya, kurang dianjurkan untuk penderita maag.
  • Kue yang lembut dan TIDAK merangsang (hindari kue yang beraroma atau rasa durian, nanas, nangka) boleh dikonsumsi penderita maag.
  • Madu baik dikonsumsi oleh penderita maag maupun orang normal karena kaya akan mineral dan trace-elements yang kita butuhkan. Madu tidak spesifik untuk sakit maag.

Pantangan bagi penderita maag, untuk makanan: HINDARI untuk selamanya tape, asam, pedas, santan, gorengan, durian, nanas, nangka dan semua jenis makanan bertekstur kasar. Jenis minuman yang harus dihindari: alkohol, soft drink.
Hindari jus jambu biji (guava) bagi penderita maag. Jus ini kaya vitamin C yang bersifat asam, sehingga menambah keasaman lambung.
Kunyit dan temulawak tidak bermanfaat untuk penderita maag, karena sifatnya yang mengaktifkan gerakan pencernaan, jadi memicu sekresi asam lambung.
Untuk penderita maag, HINDARI makanan dan minuman dingin.
Obat-obat untuk radang lambung (gastritis), biasanya hanya berefek sesaat/sementara.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.
Salam SEHAT dan SUKSES selalu !!!
Dr. Dito Anurogo
Penulis ebook dan buku.
Penemu Hematopsikiatri.
Konsultan Kesehatan Netsains.com

»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Sagu Obat Sakit Perut Pictures

Saya mau share sedikit, saya kena penyakit yg cukup langka, nama penyakitnya Colitis Ulcerative.

Ini adalah penyakit perut yg cukup parah, dimana saya sering merasa perut kembung dan pengen buang angin. Tapi sewaktu pengen buang angin kotorannya keluar juga. (Buang Air Besar juga). Sudah begitu, ada darahnya lagi, darahnya buanyak lagi.
Saking seringnya saya BAB darah, HB saya menjadi sangat rendah sekali. Saya pun sempat pingsan beberapa kali.

Saya di diagnosa penyakit ini di negeri Belanda (melalui endoscopy), yg katanya dokternya hebat2. Mereka malah gak tahu obatnya, saya malah dikasih obat paling ampuh dan sekaligus paling berbahaya di dunia yaitu: Prednison atou Osbason atau yg ada son-son nya lah. Ini memang obat paling ampuh di dunia. Para dokter bilang ini obat anti alergi. Semua penyakit sembuh kalo minum obat ini. Tapi obat ini hanya bekerja selama beberapa jam, setelah itu anda sakit lagi. Kalo obat ini anda minum terus menerus efek samping nya buanyak bangeeeeeeeeeeeeeet .

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi



Setelah saya pulang ke Indonesia saya sakit lagi. Semua dokter di Indonesia gak ada yg tahu obatnya. (Semua dokter di dunia kali gak tahu obatnya).

Terus saya ketemu some one spesial yg biasa hidup di kampung. Dia kasih tahu obatnya, dan gampang lagi.

Ini diagnosa saya sementara.
Semua penyakit perut disebabkan oleh berkurangnya lapisan pelindung usus dan lambung.
Sehingga asam yg di produksi oleh tubuh kita langsung mengenai usus dan lambung kita, akibatnya perut kita sakit ato kita merasa kembung.
Pada beberapa kasus, bahkan terjadi pendarahan hebat pada usus dan lambung. Sehingga banyak orang bilang ususnya luka atau ususnya bolong. Padalah usus memiliki kemampuan recovery yg sangat hebat. (Inilah kekuasaan Allah).

Obatnya gampang saja:
1. Ambil segelas air putih biasa (tidak dingin dan tidak juga panas)
2. Masukkan 3 sendok makan Tepung SAGU.
3. (Optional / boleh tidak, boleh juga iya) Masukkan gula jawa ( Sesuai Selera)
4. (Optional / boleh tidak, boleh juga iya) Masukkan garam sesuai selera, untuk penyedap saja.
5. Minum deh.
(Simpel Buangeeeeeeeeet ya)

Jangan di campur apa2 dulu, karena saya kawatir campuran lainnya bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan usus.

Setelah meminum resep ini di jamin semua gangguan perut yg ada di dunia ini hilang.
Perut terasa lega dan bisa buang angin dengan tenang, tanpa was-was akan keluar kotorannya juga :)
Hal ini disebabkan karena SAGU yg kita minum mampu melindungi usus dan lambung kita dari asam lambung yg berasal dari tubuh kita sendiri.

Penyakit yg mungkin bisa disembuhkan:
1. Perut Kembung (orang bilang kena angin duduk)
2. Mencret
3. Buang Air Besar dengan darah.
4. Muntah2
5. Semua gangguan perut.

Setahu saya banyak orang yg meninggal karena penyakit yg gejalanya mirip dengan penyakit saya.
Saya jg tahu kebanyakan orang frustasi karena sudah berobat ke banyak dokter tapi tidak sembuh2.

Kalo ada di antara anggota milis yg sudah mencoba resep saya dan ternyata sembuh, tolong kirim email ke milis ini ya. Supaya makin banyak orang yg tahu. Dengan demikian makin banyak orang yg bisa diselamatkan dan di sembuhkan.
Saya jg sudah mengirim saran saya ke beberapa milis berbahasa asing, tapi mereka kebanyakan menganggap remeh dan tidak mau mencoba.
»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Sakit Perut, Hanya Humor dan Lelucon

INILAH.COM, Jakarta - Ada seorang pasien yang datang kepada seorang dokter, lalu menanyakan tentang penyakitnya yang saat ini sedang sakit perut.

"Dok, perut saya kok sehabis makan terasa perih, mual, mules, kembung.... Pokoknya sakit, Dok," tanya pasien.

"Ooo... Gampang ini ada dua tablet. Yang satu harus Anda makan dan yang satunya masukkan ke dalam dubur Anda. Bolehlah sekarang Anda mencobanya," jelas sang dokter.

Pasien itu lalu menelan obat yang dokter berikan. Lalu dokter memasukkan obat yang satunya lagi ke dubur pasiennya. Setelah itu, dokter pun memberikan obat tambahan lagi.

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

Di rumah ia lalu menceritakan kepada isterinya tentang obat yang diberikan oleh dokter tersebut. Setelah makan malam, ia pun memakan obat tersebut dan menyuruh isterinya memasukkan obat yang satu ke duburnya.

Lalu isterinya menyuruhnya nungging dan memegang pundaknya dan tangan yang satu memasukkan obat tersebut ke dalam duburnya, sehingga pada saat itu ia lalu berteriak. "Aaaaaaaahhhh..."

"Kenapa, Mas? Sakit ya?" tanya istrinya.

"Tidak," jawab si pasien.

"Abis kenapa?" sang istri penasaran.

"Aku teringat waktu dokter tadi memasukkan obat ke pantatku, tangannya ternyata kedua-duanya berada di pundakku," si pasien akhirnya mengaku.
»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Sakit Perut, Mual dan Seperti Ingin Muntah

Tadi malam tiba-tiba Ocha muntah-muntah, perutnya terasa mual. Minum susu sedikit saja langsung muntah. Semalam tidak bisa tidur, kebetulan cuaca juga panas. Hanya saja alhamdulillah ulangan sekolah sudah selesai, sehingga besoknya bisa istirahat di rumah, kebetulan juga Ocha bilang tidak ada pelajaran yang harus mengulang.

Pagi harinya Kita ke dokter untuk memeriksakan sakit perut nya Ocha, soalnya sampai pagi perutnya masih terasa mual dan ingin muntah. Dari dokter diberikan obat:

  • Primperan 5, untuk perut mual dan muntah-muntahnya
Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi
  • Amoxsan 250, antibiotik
Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi
  • Dumin Parasetamol, obat turun panas
  • Benacol DTM Sirop, obat batuk

Setelah dari dokter kemudian mengantar surat ijin ke sekolah SD Plus Rahmat Kediri. Seharian Ocha istirahat di tempat Eyang nya.

Siangnya dia minta dibeliin buburnya McD, dan alhamdulillah setelah makan bubur perutnya sudah tidak terasa mual dan ingin muntah.

»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Sakit Perut Tradisional Daun Jambu Biji Muda

Hari Jumat malam mama meriang, kepala senut2 sakit nggak nahan, pagi sabtu pas mau sholat subuh berasa hampir pingsan dan gak kuat bediri, tapi alhamdulillah setelah menenangkan diri sebentar masih bisa sholat subuh berdiri tegak he....he...he.....
Untung Sabtu itu mas dan abang libur karena siswa kelas 6 darmawisata tutup tahun, jadi nggak perlu ke dapur buru2....eee...e....ternyata mas Ivan juga panas.
Minggu pagi mama udah lumayan, tapi kok dilanjutakan diare ya......mas Ivan juga. Sehari mama bisa bolak2 ke wc mungkin sampe 30 kali, untung masih mau makan dan minum......mas Ivan dibawa ke dokter anak sebelah rumah ( ssttt tetangga kita dosen teknik juga, isterinya dokter anak nih...), mas Ivan dapat obat, mama cuma minum diapet aja.......

Senin dari mulai subuh sampe jam 9 pagi aja mama udah bolak-balik 8 kali buang air.....capeeekkk......kadang nggak ada yg keluar juga, pagi itu mbak jamu menawarkan mama utk dibuatin kunyit, katanya bagus utk sakit perut karena masuk angin....oke mama setuju, tapi kelamaan nunggu mama browsing internet dan buat sendiri ramuan dari daun jambu biji yg pohonnya ada dibelakang rumah.
Abis itu perutnya lumayan, sorenya mbak jamu bawain kunyit kentel langsung mama minum, maghrib mama udah bisa kentut dan perut makin enak......
Sebelum tidur minum lagi sisa kunyitnya, pagi ini minum lagi obat buatan sendiri........hhhhaaahhhhhh.........ternyata nggak enak kalo nggak bida kentut lebih dari sehari........

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi


Ini ramuan obat sakit perut yg mama buat kemaren, nyontek dari internet juga kok: mudah dan enak juga benar2 berkhasiat.

Bahan:
10 lembar daun jambu biji muda
1 bh cabe merah
1 potong gula kelapa
3 biji asam jawa
1 liter air

Rebus semua bahan hingga menididih, dinginkan, minum 2x sehari satu gelas aja.....

Semoga bermanfaat....maaf kepanjangan, sambil curhat pulak he....he...he.....
»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Sakit Perut Mujarab dan Ampuh Dengan SAGU

SAGU sebagai kita tahu memang untuk dimakan, akan tetapi sebenarnya sagu juga bisa digunakan untuk obat sakit perus seperti:
1. Perut Kembung (orang bilang kena angin duduk)
2. Mencret
3. Buang Air Besar dengan darah.
4. Muntah2
5. Semua gangguan perut.(insyaAllah)

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

ni dia caranya bikin ramuan obat sakit perut dari SAGU:
1. Ambil segelas air putih biasa (tidak dingin dan tidak juga panas)
2. Masukkan 3 sendok makan Tepung SAGU.
3. Masukkan gula jawa (Optional)
4. Masukkan garam sesuai selera, untuk penyedap saja.(Optional)
5. Tunggu apa lagi… Langsung aja diminum.
(Sangat Simpel Kaaaaaaannnn)

Jangan di campur apa2 dulu, karena dikawatirkan menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Setelah meminum resep ini di jamin semua gangguan perut yg ada di dunia ini hilang.(kecuali kelaperan)

Mungkin kalian pada bertanya-tanya kenapa SAGU bisa nyembuhin sakit perut.Hal ini disebabkan karena SAGU yg kita minum mampu melindungi usus dan lambung kita dari asam lambung yg berasal dari tubuh kita sendiri, yang dapat menimbulkan sakit perut karena telat makan, makan tidak teratur, magh,dll. untuk lebih jelasnya silakan baca pengalaman seseorang di website ini.

»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Diare dan Obat Sakit Perut

Diare adalah peningkatan volume, keenceran atau frekuensi buang air besar.

Diare yang disebabkan oleh masalah kesehatan biasanya jumlahnya sangat banyak, bisa mencapai lebih dari 500 gram/hari.

Orang yang banyak makan serat sayuran, dalam keadaan normal bisa menghasilkan lebih dari 500 gram, tetapi konsistensinya normal dan tidak cair.

Dalam keadaan normal, tinja mengandung 60-90% air, pada diare airnya bisa mencapai lebih dari 90%.

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

Pengobatan

Diare merupakan suatu gejala, pengobatannya tergantung pada penyebabnya.

Kebanyakan penderita diare hanya perlu menghilangkan penyebabnya, misalnya permen karet diet atau obat-obatan tertentu, untuk menghentikan diare.

Kadang-kadang diare menahun akan sembuh jika orang berhenti minum kopi atau minuman cola yang mengandung cafein.

Untuk membantu meringankan diare, diberikan obat seperti difenoksilat, codein, paregorik (opium tinctur) atau loperamide.

Kadang-kadang, bulking agents yang digunakan pada konstipasi menahun (psillium atau metilselulosa) bisa membantu meringankan diare.

Untuk membantu mengeraskan tinja bisa diberikan kaolin, pektin dan attapulgit aktif.

Bila diarenya berat sampai menyebabkan dehidrasi, maka penderita perlu dirawat di rumah sakit dan diberikan cairan pengganti dan garam melalui infus.

Selama tidak muntah dan tidak mual, bisa diberikan larutan yang mengandung air, gula dan garam.

Untuk pemilihan golongan obat diare ini yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

Uraian obat Diare
  1. Racecordil

    Anti diare yang ideal harus bekerja cepat, tidak menyebabkan konstipasi, mempunyai indeks terapeutik yang tinggi, tidak mempunyai efek buruk terhadap sistem saraf pusat, dan yang tak kalah penting, tidak menyebabkan ketergantungan. Racecordil yang pertama kali dipasarkan di Perancis pada 1993 memenuhi semua syarat ideal tersebut. Berdasarkan uji klinis didapatkan bahwa anti diare ini memberikan hasil klinis yang baik dan dapat ditoleransi oleh tubuh. Produk ini juga merupakan anti diare pertama yang cara kerjanya mengembalikan keseimbangan sistem tubuh dalam mengatur penyebaran air dan elektrolit ke usus. Selain itu, Hidrasec pun mampu menghambat enkephalinase dengan baik. Dengan demikian, efek samping yang ditimbulkannya sangat minimal.

  2. Loperamide

    Loperamide merupakan golongan opioid yang bekerja dengan cara emeperlambat motilitas saluran cerna dengan mempengaruhi otot sirkuler dan longitudinal usus. Obat diare ini berikatan dengan reseptor opioid sehingga diduga efek konstipasinya diakibatkan oleh ikatan loperamid dengan reseptor tersebut. Efek samping yang sering dijumpai ialah kolik abdomen, sedangkan toleransi terhadap efek konstipasi jarang sekali terjadi.

  3. Nifuroxazide

    Nifuroxazide adalah senyawa nitrofuran memiliki efek bakterisidal terhadap Escherichia coli, Shigella dysenteriae, Streptococcus, Staphylococcus dan Pseudomonas aeruginosa. Nifuroxazide bekerja lokal pada saluran pencernaan.

    • Aktifitas antimikroba Nifuroxazide lebih besar dari obat anti infeksi intestinal biasa seperti kloroyodokuin.
    • Pada konsentrasi encer (1 : 25.000) Nifuroxazide masih memiliki daya bakterisidal.

    Obat diare ini diindikasikan untuk dire akut, diare yang disebabkan oleh E. coli & Staphylococcus, kolopatis spesifik dan non spesifik, baik digunakan untuk anak-anak maupun dewasa.

  4. Dioctahedral smectite

    Dioctahedral smectite (DS), suatu aluminosilikat nonsistemik berstruktur filitik, secara in vitro telah terbukti dapat melindungi barrier mukosa usus dan menyerap toksin, bakteri, serta rotavirus. Smectite mengubah sifat fisik mukus lambung dan melawan mukolisis yang diakibatkan oleh bakteri. Zat ini juga dapat memulihkan integritas mukosa usus seperti yang terlihat dari normalisasi rasio laktulose-manitol urin pada anak dengan diare akut.

Di medicastore.com anda dapat mencari informasi obat yang lengkap hingga harga secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore nama generiknya. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat diare sesuai dengan kebutuhan anda.

»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...

Obat Sakit Perut untuk Balita

Saluran pencernaan balita, terutama perut, sangat sensitif. Tidak heran bila mereka sering mengalami masalah yang berhubungan dengan perut. Apa saja dan bagaimana menanganinya?

Perut adalah bagian tubuh yang paling sensitif, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pada anak balita, masalah pada perut dan gangguan pencernaan kerap mereka alami. Misalnya gangguan kembung, diare atau disentri, muntah serta lainnya. Menurut Dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A, MTrop.Paed., ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan balita terkena sakit perut.

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi


"Sakit perut dapat diderita akibat dua sebab, yaitu adanya unsur penyakit dan faktor psikis," papar dokter ahli pediatri dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. "Sakit perut yang diakibatkan oleh penyakit, sebagian besar akibat gangguan pada saluran pencernaan. Misalnya, diare, sembelit, laktosa intolerence, radang saluran cerna dan cacingan."

Berikut ini beberapa keluhan seputar perut dan saluran pencernaan, yang umum terjadi pada balita:
DIARE
Diare adalah kondisi di mana frekuensi BAB meningkat dari biasanya, disertai dengan feses yang lebih cair. Ada tiga hal yang menyebabkan si kecil mengalami diare, yaitu faktor makanan, perjalanan yang melelahkan, dan akibat adanya infeksi saluran cerna.

Infeksi saluran cerna, umumnya disebabkan kuman pembawa penyakit, seperti bakteri Escherichia coli pada air yang kurang bersih. Bakteri ini masuk melalui makanan ke saluran pencernaan, dan berkembang biak dalam usus - terutama usus besar (kolon). Jika jumlahnya berlebihan, bakteri ini dapat menimbulkan sakit perut serta diare atau mencret.

Dampaknya, kerja usus terganggu karena tak bisa menyerap sari makanan dari makanan yang kita konsumsi. Suplai zat-zat makanan yang diperlukan untuk tumbuh-kembang anak serta untuk kecerdasan otak pun terganggu. Lebih fatal lagi, jika telah menyebabkan anak dehidrasi (kekurangan cairan tubuh secara berlebihan), yang jika terlambat ditangani bisa menyebabkan kematian.

Tanda-tanda:
Anak bersikap rewel atau justru apatis dan lesu pada dehidrasi yang lanjut. Bagi anak usia di bawah 1 tahun, dapat ditemukan tanda ubun-ubun yang cekung. Pada dehidrasi yang ringan dan sedang, anak akan merasa haus. Namun bila dehidrasinya berat, anak justru tidak merasa haus lagi.

Pada kulit perut terdapat turgor kulit, atau berkurang kelenturannya. Cara memeriksanya dengan menjepit/mencubit kulit selama 30-60 detik, kemudian lepaskan. Bila turgor kulit anak masih baik, kulit akan cepat kembali ke keadaaan semula. Bila tidak, lambat kembalinya. Selain itu, anak yang mengalami dehidrasi, matanya akan terlihat cekung, mulut dan lidah pun terasa kering.

Penanganan:
Pada kondisi tertentu, diare bisa berakibat fatal. Segera ke dokter bila sakit perut si kecil terus-menerus berlangsung selama 6 jam atau lebih, disertai muntah, tak mau minum, mata nampak cekung, pusing, dan berat badan turun. Agar tak sampai terjadi dehidrasi, usahakan si kecil tetap minum (ASI, susu atau cairan lain).

Bila anak Anda sudah lebih besar, berikan larutan oralit. Biasanya balita perlu sekitar 3 bungkus oralit yang dicampur ke dalam 200 cc air, sedikit demi sedikit. jangan memberi makanan yang merangsang timbulnya sakit perut. Untuk sementara bisa diberikan makanan lembek agar mudah dicerna.

Pencegahan:
Jaga kebersihan makanan si kecil, begitu juga dengan alat makannya. Pada balita, pastikan makanan yang ia konsumsi bersih dan sehat, dan meminum air yang dipastikan sudah matang/mendidih. Hindari mengkonsumsi jajanan yang tidak terjamin kebersihannya.

SEMBELIT
Sembelit merupakan kondisi di mana frekuensi buang air besar (BAB) tidak lancar dan kondisi feses (kotoran) yang keras dan kering. Akibatnya, feses sulit dikeluarkan atau ketika dikeluarkan menimbulkan rasa nyeri. Sembelit terjadi karena adanya perlambatan pergerakan feses pada usus besar, faktor umur, pola makan, dan kebiasaan si anak sendiri.

"Feses merupakan produk akhir metabolisme yang harus dibuang. Apabila tetap ada di usus besar, zat tertentu dalam feses itu dapat meracuni tubuh. Makin lama di dalam usus besar, akan menyerap air, sehingga tinja makin keras dan makin sulit dikeluarkan," ungkap Hindra.

Tanda-tanda:
Anak rewel karena perut menjadi tak nyaman, biasanya perut agak membesar dan keras bila ditekan. Tidak BAB selama beberapa hari atau jika BAB, fesesnya keras dan kering. Gejala lain, meliputi rasa nyeri di anus saat BAB, kram perut, mual, muntah, dan berat badan menjadi turun.

Pencegahan:

  • Makanan harus cukup mengandung serat
  • Gerak badan/berolahraga secara teratur
  • Cukup minum
  • Sebisa mungkin mengurangi konsumsi obat-obatan yang menyebabkan konstipasi (sembelit)
  • Larang anak menahan buang air besar
  • Biasakan pup secara teratur.
Penanganan:
Dengan menggunakan obat-obatan, baik yang secara oral (dari mulut) maupun anal (dari anus).

LAKTOSA INTOLERANCE
Intoleransi laktosa bisa menjadi penyebab sakit perut pada balita, tapi lebih sering pada bayi. Pada anak yang mengalami intoleransi laktosa, usus tak dapat mencerna laktosa dengan baik. Akibatnya, bila ia diberi susu yang banyak mengandung laktosa, akan banyak terjadi gas dalam ususnya. Akibatnya perut banyak menyimpan gas, akibatnya dinding saluran cerna jadi teregang dan timbulah rasa nyeri.

Tanda-tanda:
Ketidakmampuan menyerap laktosa (laktosa intoleran), bisa menyebabkan si kecil mengalami gejala penyakit gastrointestinal, seperti diare, flatulence atau penumpukan gas di dalam perut/usus dan nyeri perut lainnya.

Penanganan:
Makanan prebiotik, misalnya Yogurt--merupakan enzim hasil fermentase lactic, seperti laktase-- dapat mengubah laktose menjadi lactic acid.

Pencegahan:
Gantilah susunya dengan minuman lain yang rendah kadar laktosanya.

USUS BUNTU
Penyakit usus buntu atau apendisitis, adalah penyakit yang datang secara tiba-tiba dan penyebabnya macam-macam. Bisa karena pembesaran kelenjar-kelenjar dalam perut sehingga menjepit usus buntu, atau lantaran infeksi karena cacing. Usus buntu bisa meradang kalau ada kotoran atau benda-benda asing yang masuk ke sana.

Akibat mekanisme kerja usus tidak bisa dikontrol, benda-benda asing tersebut mengeras dan masuk ke dalam usus buntu. Kemudian usus buntu yang sempit itu jadi makin tersumbat karena cairan yang diproduksi oleh usus buntu, tidak bisa mengalir ke usus besar.

Terjadilah pembengkakan yang bisa merusak dinding usus buntu dan memudahkan kuman datang menyerang. Misalnya, kuman Escherichia coli, Streptococcus atau basil-basil lain yang sering terdapat di dalam usus yang normal. Bila radang ini dibiarkan, bisa menyebabkan kebocoran.

Tanda-tanda:
Diawali dengan sakit perut, rasa mual, tidak nafsu makan dan si kecil malas bermain. Sakit di bagian kanan bawah perut, bisa terasa parah sekali, sebab otot paha atas berada tepat di bawah usus buntu. Jadi gerakan sekecil apapun bisa menimbulkan rasa sakit. Bahkan, menarik napas dalam-dalam, batuk, atau bersin pun sakit.

Bila usus buntu terletak pada tempat yang normal, rasa nyeri akan menetap dan terpusat di daerah perut kanan bawah. Namun bila apendiks terletak rendah sekali di dalam rongga panggul anak, nyeri di perut tidak terlalu terasa. Yang menyiksa adalah bila usus buntu anak terletak dekat dengan ureter (saluran ginjal).

Rasa nyeri akan menjalar ke daerah kelamin disertai rasa panas. Tak jarang, bila ureter meradang, air kencingnya pun berdarah. Ia juga akan mengalami susah buang air besar/sembelit, tidak bisa buang angin dan diare. Gejala selanjutnya adalah demam tinggi. Panas tinggi (lebih dari 40 derajat celcius) yang menyerang tak lama setelah timbul sakit di bagian perut ini, akibat kebocoran usus buntu.

Penanganan:
Terapi yang tepat untuk penderita apendisitis adalah membuang usus buntunya. Setelah dibuang, barulah kondisi tubuh bisa pulih kembali dibantu obat-obatan dan istirahat. Pada operasi yang dilakukan secara dini, anak yang menderita usus buntu tanpa komplikasi bisa sembuh dalam 5-6 hari. Pada hari-hari pertama, bahkan sudah dianjurkan untuk berjalan-jalan.

Supaya radang usus buntu tidak menjadi fatal dan diperparah oleh komplikasi, orangtua disarankan untuk selalu memperhatikan perubahan pada anak. Karena bukan tidak mungkin gejala-gejala penyakit usus buntu ini terabaikan hanya gara-gara orangtua tidak teliti. Apalagi perkembangan penyakit ini bisa menjalar dengan cepat.

Pencegahan:
Agar terhindar dari kasus usus buntu yang fatal, orangtua sebaiknya lebih memperhatikan dan mengenali perubahan yang terjadi pada anaknya. Terutama pada saat anak mulai mengkonsumsi makanan padat (seperti orang dewasa). Sebab, kapan pun anak bisa terserang usus buntu.

KEMBUNG
Normalnya, setiap orang mengeluarkan gas baik lewat mulut (oral) atau anus (anal). Setiap hari, kita bisa mengeluarkan gas sebanyak 8-20 kali. Sayangnya, kadang tak berjalan lancar bila jumlah gas dalam perut dan usus berlebih, tapi tak bisa mengeluarkannya. Akibatnya, perut terasa kembung dan sakit. Kembung bisa timbul dari berbagai sebab. Seringkali oleh adanya udara yang tertelan saat makan atau minum, khususnya jika kita makan dengan cepat.

Bisa juga, gas atau udara yang dihasilkan makanan yang dimakan. Makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, dan biji-bijian, dapat menghasilkan gas dalam jumlah besar. Atau pada beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat, tidak bisa dicerna secara sempurna oleh sistem pencernaan kita, baik oleh enzim maupun bakteri alami yang ada di dalam usus.

Penanganan:
  • Makanan/minuman yang hangat akan membuat gas dalam perut mengembang. Meski awalnya terasa sakit, namun panas dari makanan/minuman akan mengusir gas yang terperangkap.
  • Tempelkan botol air hangat yang diselimuti kain pada perut bayi, atau angkat bayi dalam posisi berdiri, usap atau tepuk-tepuk punggungnya sedikit, sampai bersendawa. Meninggikan kepalanya lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya juga bisa membantu.
  • Berbaring telentang, lalu tekuk kedua kaki dan tarik ke arah dada. Atau telungkupkan anak dengan posisi bersujud, lalu pukul-pukul bagian punggung. Bisa juga, berbaring menghadap ke kanan.
  • Usapkan minyak angin, minyak telon, atau minyak kayu putih ke perut. Sedot juga minyak angin dengan saputangan.
  • Gunakan obat bebas anti-kembung yang mengandung simetikon atau metilpolisiloksan aktif. Misalnya Promag, Mylanta Forte, Maalox Plus, Waisan, atau Enzyplex.
  • Jika kembung tak hilang selama lebih dari 3 hari, muka pucat, berat badan turun, dan feses berbau sekali, kemungkinan tubuh kesukaran mencerna lemak.
Pencegahan:
Cara termudah mencegah kembung adalah dengan mengubah pola makan. Misal:
  • Konsumsi serat secara bertahap.
  • Hindari makanan pemicu gas. Selain kacang-kacangan, kubis, brokoli, brussel sprout (kol belgia), bawang-bawangan, bunga kol, tepung gandum utuh, pisang, aprikot, susu, makanan yang digoreng dan digulai, bisa menyebabkan kembung.
  • Hindari snack yang memakai pemanis fruktosa atau sorbitol. Juga softdrink berkarbon, permen karet, dan minum melalui sedotan. Makanan ini dapat meningkatkan jumlah gas atau udara yang masuk saluran pencernaan.
  • Perlambat makan. Beri jeda 20-30 menit setelah makan sebelum melakukan aktivitas lainnya.
  • Hindari makan terlalu kenyang.
  • Jangan ditahan-tahan. Jika tubuh ingin mengeluarkan gas, keluarkan saja. Asalkan, dengan cara yang sopan.
CACINGAN
Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing-cacing khusus (cacing gelang, cacing tambang, dan cacing cambuk) yang ditularkan melalui tanah. Tempat 'bersarang' cacing-cacing ini di dalam tubuh manusia pun berbeda, ada yang bersarang di usus halus, misalnya cacing gelang dan cacing tambang. Ada juga yang bermukim di usus besar seperti cacing cambuk.

Anak yang terkena penyakit cacingan mengalami berbagai gejala, tergantung jenis cacing yang menginfeksi dirinya. Infeksi cacing gelang dimulai dengan masuknya telur cacing yang infektif (yang mengandung larva) secara tidak sengaja melalui makanan. Melalui makanan inilah, nantinya cacing-cacing ini masuk dan berkembang biak di dalam tubuh si kecil.

Tanda-tanda:
Sebenarnya, infeksi cacing cambuk yang ringan tidak terlalu kelihatan gejalanya. Namun bila infeksinya cukup parah, penderita akan mengalami gejala yang mirip dengan sakit diare. Bila diare ini dibiarkan berlangsung terus-menerus, anak bisa mengalami perdarahan usus menahun dan anemia (kurang darah).

Ini lantaran cacing cambuk dewasa memasukkan kepalanya yang tajam ke dinding usus besar. Sehingga timbullah kerusakan dan luka-luka. Pada kasus yang sangat parah (namun jarang) usus besar bahkan bisa sampai keluar lewat anus. Infeksi pada tahap ini juga menyebabkan sakit perut yang parah pada anak. Gejalanya, perut kembung, mual, dan muntah.
Penanganan:
Cacingan sebenarnya sangat mudah disembuhkan. Cukup dengan memberikan obat cacing. Saat ini banyak dijual obat pembasmi cacing, yang sekaligus bisa mengobati infeksi yang ditimbulkannya. Namun sebelum memberikan obat cacing, tinja atau kotoran si anak diperiksakan dulu ke laboratorium. Ini untuk memastikan apakah memang betul ada telur cacing di dalamnya.

Pencegahan:
  • Biasakan mencuci sayuran dengan air yang mengalir (kran), lakukan 2-3 kali.
  • Biasakan anak mencuci tangan dan kaki dengan sabun. Air sabun dapat melepaskan telur cacing.
  • Jangan lupa memotong kuku anak.
  • Tutup semua makanan dengan tudung saji.
  • Jangan membeli jajanan yang tidak tertutup.
FAKTOR PSIKIS
Kebanyakan sakit perut yang diderita pada anak, sebagian besar penyebabnya karena faktor psikis. Namun untuk memastikannya harus dikonsultasikan pada dokter, agar benar-benar yakin bahwa memang tak ada masalah organik yang melatarbelakanginya. Pada anak yang sakit perut karena psikis, biasanya memiliki keadaan emosional yang cenderung mudah stres atau pencemas.

Biasanya keluhan ini dipicu oleh pola asuh orangtua yang terlalu perfeksionis, sehingga anak jadi stres. Oleh karena itu, sebagai orangtua perlu benar-benar memperhatikan perilaku anak. Misal, apakah ia benar-benar tampak kesakitan atau ia masih bisa bermain-main, berlari-lari, dan melakukan aktivitas yang lain, seakan lupa dengan sakit perutnya.

Penanganan:
Apabila hal ini terjadi berulang kali, tak ada salahnya untuk membawa si kecil ke psikiater atau psikolog anak. Selain mencari penyebabnya, mereka juga akan memperhatikan apakah ada faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Misal, orangtua yang menuntut terlalu tinggi pada anak, maka mau tak mau lingkungannya perlu diperbaiki. (Rahmi Hastari)

Sumber: Tabloid Ibu Anak

»»  Baca Selengkapnya, Klik Di Sini...