Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

Obat Sakit Perut Mules dan Cara Mengatasinya

Pernah mules-mules, perut terasa melilit, panas dingin, tangan kaki dingin, muka pucat, banyak gas di perut dan keringat dingin ? saya rasa banyak sekali orang yang pernah merasakan gejala-gejala sakit perut di atas ini. Sakit perut ini sudah dianggap umum dan kadang kadang terlalu dipandang enteng akibatnya. Padahal sakit perut itu merupakan pertanda serius dari tubuh kita, bahwa ada sesuatu yang kurang beres dalam pencernaan kita. Apabila kurang cepat ditanggapi, akibatnya bisa berlanjut fatal bagi kesehatan tubuh kita.

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

Apa Sebabnya ? Sakit perut itu banyak sekali sebabnya. Tidak hiegenis, tidak cuci tangan sebelum makan, makan makanan yang terlampau pedas, masuk angin dan keracunan makanan adalah beberapa sebab utama sakit perut. Sebab lainnya adalah makan telat, dan makan terlalu banyak. Nah, 2 yang terakhir ini kayaknya sering banget terjadi pada semua orang. Mari kita bahas yang satu ini.

Jika anda telat makan, ini akan menyebabkan perut anda menjadi terlalu asam. Maag / Ulcer bisa timbul karena infeksi yang terjadi karena asam lambung itu sendiri ditambah tidak seimbangnya flora/bakteri di dalam perut kita. Seperti yang saya pernah utarakan di kolom omkesmas sebelumnya, bahwa bakteri ( terutama yang merugikan / pathogen ) bisa tumbuh dan berkembang biak cepat, jika suasana/environmentnya mendukung perkembangannya.

Ketika bakteri itu berkembang biak, mucus/getah pelindung dinding lambung menjadi terbuka / bolong. Ketika bagian terbuka itu terkena asam lambung, maka rasa sakit itu akan timbul, sebab asam lambung itu mulai mengerogoti dinding lambung. Jika dibiarkan berlanju-lanjut, lambung bisa bolong. Wuih, serem yah.

Obat Sakit Perut Anak, Obat Sakit Perut Alami, Obat Sakit Perut Melilit, Obat Sakit Perut Kembung, Obat Sakit Perut Herbal, Obat Sakit Perut Diare, Obat Sakit Perut Balita, Obat Sakit Perut Mules, Obat Sakit Perut Bayi

Environment yang mendukung itu adalah yang asam sifatnya. Pencegahannya naturalnya adalah minum sup sayur ( sayur bukan daging yah ) / air hangat sebelum makan. Kalau perlu minum Calcium atau makan pisang ( yang tidak terlalu matang ), kedua jenis terakhir ini sifatnya sangat alkaline. Dan yang pasti jangan makan terlalu cepat, kunyah selama mungkin 10-15 detik sebelum ditelan, dan jangan makan terlalu banyak. Caranya ambil dengan porsi piring yang kecil, kurangi nasi/roti, perbanyak fiber / sayur mayur.

Ok, sekarang kalau sudah terlanjur sakit gimana donk ? Jika sudah terlanjur sakit, karena iritasi di lambung, paling cepat obatnya ialah Aloe vera juice dan digestive enzymes. Aloe vera juice / lidah buaya itu fungsinya rangkap 3 ( anti asam, anti bakteri & membantu melapisi dinding lambung dari dalam ). Sedangkan digestive enzymes akan membantu untuk mempercepat proses pencernaan, sehingga makanan cepat masuk ke usus kecil dan asam lambung akan berkurang dengan sendirinya.

Untuk pengobatan lebih lanjut disarankan untuk terus minum Aloe vera juice, untuk membantu membunuh / mengurangi bakteri, melapisi dan mempercepat proses penyembuhan dinding lambung. Jika mau repot repot dan bikin sendiri, tanam saja aloe vera di pekarangan rumah. Ambil daun yang besar ( bagian terluar ), bersihkan luar dalam, pakai air dicuci sampai tidak terlalu licin untuk mengurangi aloin ( getah aloe ), dan bisa direbus air dan sedikit gula untuk pemanis, atau ditambah daun pandan. Sesudah dimasak, masukkan ke dalam lemari es, atau disajikan dengan es batu. Rasanya segar sekali, terutama di saat musim panas.

Ingat-ingat saja kalau makan kita teratur, maka fungsi tubuh juga akan teratur. Makan pagi adalah makanan yang paling penting untuk tubuh, makan pagi yang banyak untuk energi seharian. makan siang jangan terlalu banyak, kalau terlalu banyak maka tubuh akan kelebihan energi dan mengaktifkan proses penyimpanan ( store fat ), makanya bisa ngantuk.

Kedengarannya aneh, tapi memang sistem tubuh ini di desain untuk survival, jadi yang paling bagus adalah makan secukupnya ( tidak kurang dan tidak lebih ). Makan malam yang pasti jangan makan terlalu banyak, kalau terlalu banyak maka sudah jelas akan disimpan sebagai lemak, karena tidak ada aktifitas fisik ketika tidur.

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar